Terima Kasih Studio Ghibli

minggu ini aku 'disibukkan' oleh kegiatan lain, yaitu nonton film. hahaha. ya, setelah melewati fase 'mengkhawatirkan sesuatu yang berlebihan', aku mencoba membuat relax diriku sendiri. misal, aku beli buku yang kira-kira bisa memotivasi aku dari sudut spiritual. dari judul buku itu sebenarnya bagus tapi sayangnya, aku sedikit kecewa dengan isinya yang tidak sesuai bayanganku.

disini aku mau cerita tentang film-film yang aku tonton.
aku lagi gethol nonton animasi jadi semua film yang aku tonton minggu ini sebagian besar film animasi. dari Gekkan Shoujo Nozaki-kun yang aku tonton berulang-ulang tiap episodenya (ini serial sih, bukan film. hihi. aku baru punya sedikit episodenya soalnya. huhuhu) sampai film Neko No Ongaeshi (The Cat Return). nah, mungkin kalian udah dapet clue, film-film apa yang mau aku bahas?

aku ngebut nonton film-film animasi karya Studio Ghibli yang berhasil melahirkan banyak film animasi yang bagus. mulai dari Grave Fireflies sampai Whisper of The Heart. 
banyak sekali yang belum aku tonton tapi aku menyukai cerita-cerita film yang sudah aku tonton. Grave Fireflies, Spirited Away, The Secret World of Arriety, Neko No Ongaeshi, Whisper of The Heart, My Neighbor is Totoro, dan My Neighbors The Yamadas.
sejujurnya, kalau aku ditanyai bagaimana penilaianku dari sudut gambar, aku engga bisa bilang aku suka banget tapi ada khas tersendiri yang bikin kita mudah mengenali. pada awalnya, film Studio Ghibli yang aku tonton adalah Grave Fireflies, mengikuti saran seorang teman. pas itu, baru nyetel sebentar aku udah bosan. karena apa? karena aku hanya menilai dari sudut gambar. beberapa lama aku baru bisa nonton film itu sampai tuntas. dan apa? aku suka ceritanya. mengharukan. banyak makna. dan tentu saja, kita jadi mendapat sedikit gambaran bagaimana kondisi Jepang saat perang terjadi.
beberapa waktu yang lalu, aku nonton The Secret World of Arriety. dan masih sama dengan yang aku alami saat nonton Grave Fireflies. liat gambar lalu engga tertarik. pas itu aku engga tau kalo dua film itu karya Studio Ghibli. beberapa lama-seperti saat nonton Grave Fireflies-akhirnya aku bisa selesai nonton The Secret World of Arriety, dan ternyata lagi-lagi ceritanya bagus. kenapa aku tau-tau download film itu? karena aku liat di 9gag. hahaha. orang luar saja secara tidak langsung merekomendasikan itu. The Secret World menceritakan tentang keluarga Arriety yang berasal dari bangsa 'Peminjam'. mereka manusia versi mungil yang hidup di suatu sudut tersembunyi di sebuah rumah, mereka mengambil barang-barang yang tidak akan disadari manusia kalau barang itu diambil seperti, gula, teh, tissue atau barang-barang kecil lainnya. makanya mereka menyebut diri mereka sebagai 'Peminjam'.
ini pas Arriety ngasih tau Sho kalau keluarga Arriety harus pindah karena sudah terlihat oleh manusia. "We were seen."

terus, beberapa hari yang lalu, aku nonton Spirited Away. disinilah aku mulai ngeh kalo Spirited Away dan film-film sebelumnya yang aku tonton adalah karya Studio Ghibli. Spirited Away menceritakan tentang sebuah keluarga yang nyasar ke dunia lain saat mereka akan pindah rumah. orang tua dari Chihiro berubah jadi babi karena mereka memakan makanan makhuk lain dunia itu. Chihiro berjuang keras dengan bekerja di bathhouse milik penyihir agar dia tidak diubah menjadi babi dan agar dia bisa menyelamatkan kedua orang tuanya lalu kembali ke dunia nyata. Chihiro dibantu oleh Haku selama di dunia tersebut.
ini pas Haku berusaha nenangin Chihiro setelah melihat orang tua Chihiro di kandang. how sweet they are..

lalu, ada Neko No Ongaeshi, aku lupa nama tokohnya. ceritanya tentang seorang pelajar SMA, perempuan. yang saat itu menolong seekor kucing yang hampir tertabrak truk. malamnya, si tokoh utama ini didatangi gerombolan kucing yang ternyata berasal dari The Kingdom of Cats. raja kucing mengundang si tokoh utama ke dunia mereka.
ini pas Haru dipaksa jadi pengantin wanita Pangeran Kucing, kucing yang dia tolong pas di dunia manusia

lalu, ada Tonari No Totoro atau My Neighbor is Totoro. film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang pindah ke suatu desa. anak terkecil dari keluarga tersebut bermain-main sampai jauh ke dalam dan terjerumus ke dalam sebuah lubang yang ada di sebuah pohon besaaaar. nah, disitu Totoro tinggal. banyak kejadian menarik setelah anak terkecil itu berhasil ketemu dengan Totoro. Totoro bukan tokoh antagonis. ia digambarkan besar seperti beruang atau panda ya. emm. suatu saat anak pertama dan si kecil ini disamperin sama Totoro di tempat pemberhentian bus di desa (sepiiii banget). saat itu lagi turun hujan, anak pertama meminjamkan payung ayah mereka (ceritanya mereka nunggu di halte bus karena nunggu ayah mereka pulang, ngebawain payung) ke Totoro. si Totoro suka bunyi tetesan air hujan yang jatuh diatas payung. dan sejak itu Totoro suka ngebawa payung berwarna hitam dari anak tersebut. hahaha.
ini pas Totoro dipinjemin payung. liat deh ekspresinya. itu di kepalanya ada 'payung' dari daun. hihi 

aku engga bisa cerita tentang My Neighbors The Yamadas soalnya belum nonton sampai habis tapi aku suka buat nunjukkin satu scene saat ibu dari keluarga Yamada cerita soal kehidupan berumah tangga.
 ini salah satu bagian pas cerita tentang kehidupan berumah tangga. pelajaran banget buat kita
The Yamadas

Whisper of The Heart cerita tentang kehidupan percintaan anak SMA yang tulus. 
ini saat akhirnya mereka bisa bertemu kembali setelah masing-masing berjuang. tokoh laki-laki 'melamar' tokoh perempuan untuk masa depan mereka. hohoho. ngelamarnya kayak 'kamu mau gak nikah sama aku nanti? saat aku udah jadi pembuat violin handal dan kamu seorang penulis profesional." cinta menjadi motivasi mereka untuk menggapai cita-cita mereka masing-masing.

beberapa hal yang aku suka dari film-film ini adalah, tiap kehidupan percintaan yang diceritakan secara tersirat selalu mempunyai makna 'mereka mencintai dengan setulus hati'. misal di Spirited Away, Chihiro dan Haku tidak sama-sama mengakui mereka saling sayang. Chihiro hanya mengatakan Haku adalah teman baiknya, tapi perjuangan Chihiro dan Haku untuk saling membantu membuat Kamaji dan Zaneba mengatakan, itulah kekuatan cinta. yang sesungguhnya. atau di film Whisper of The Heart, mereka tidak buru-buru 'nembak' buat bisa pacaran. mereka membuktikan cinta mereka dengan mencapai cita-cita mereka. tokoh laki-laki berusaha menjadi pembuat violin yang handal dan tokoh perempuan berjuang keras agar bisa menjadi penulis profesional. atau The Secret World of Arriety, tokoh laki-laki (aku engga cukup hebat soal nginget nama. huhuhu) berusaha keras membantu Arriety agar Arriety dan keluarganya tidak diketahui keberadaannya oleh manusia walaupun saat itu si tokoh laki-laki sedang sakit keras.
kisah percintaan yang digambarkan tidak diperlihatkan seperti pada umumnya misalnya, ciuman. tidak ada, tapi lebih digambarkan dengan suatu perjuangan. ya mungkin juga karena ini film-film untuk remaja juga. hahaha, kan ngajarin jelek kalau ada. hihihiw
kisah perjuangan seorang kakak agar bisa menghidupi adiknya tergambar jelas di film Grave Fireflies. sayangnya, sang adik meninggal karena kekurangan gizi di tengah-tengah peperangan. sang adik meninggal di suatu tempat seperti bunker, yang kalau malam terlihat banyak kunang-kunang. itu jadi tempat tinggal mereka saat mereka tidak lagi mempunyai tempat.

[update, 23 Agustus 2014] From Up On Poppy Hill

hari ini aku coba download dua film animasi lainnya dari Studio Ghibli tapi yang kelar cuma ini. hihi.
film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Umi. Umi tinggal di rumah yang viewnya menghadap laut. tiap hari Umi mengibarkan bendera yang memiliki suatu pesan karena ayahnya adalah seorang kapten kapal saat perang Jepang-Korea terjadi. kapal ayah Umi tenggelam saat perang terjadi.
singkat cerita, Umi dekat dengan Shun setelah tau Umi menjadi subjek suatu puisi yang tersebar di koran sekolah (aku tebak sih kayak koran sekolah. hihi).
suatu hari, di rumah Umi diadakan pesta kecil-kecilan yang mengundang beberapa alumni Konan Academy (tempat Umi dan Shun sekolah). Umi mengajak Shun melihat-lihat ke dalam rumahnya. sesampai di kamarnya, Umi memperlihatkan foto ayahnya dengan dua orang sahabatnya.
hari setelah pesta itu berakhir, sikap Shun menjadi berbeda dan terkesan menjauhi Umi.
akhirnya, Umi pun memberanikan diri menanyakan mengapa. lalu, Shun mengeluarkan foto yang sama yang dimiliki Umi. foto ayah Umi dengan kedua sahabatnya sambil mengatakan bahwa ayah Umi adalah ayahnya karena keluarga yang merawatnya saat ini pernah menceritakan bahwa saat Shun masih bayi, ayahnya Umi  membawanya ke keluarga yang merawatnya saat ini. Shun menambahkan "we are brother and sister."
Umi begitu patah hati saat tahu bahwa mereka kakak dan adik. tapi, hingga suatu hari Umi menyatakan perasaannya pada Shun.
suatu hari, ibunda Umi pulang dari Amerika. Umi menanyakan soal bayi laki-laki yang dibawa ayahnya dulu (Shun maksudnya). lalu, ibunda Umi menceritakan bahwa bayi itu adalah anak temen ayahnya yang tewas, Tachibana. sedangkan, istri Tachibana saat itu telah meninggal dunia. karena saat itu ibunda Umi sedang mengandung Umi, akhirnya bayi itu diserahkan pada keluarga Shun yang merawatnya saat ini.
terus... nonton aja deh, biar seru. hihi
 ini pas Shun ngasih tau kalau ayah mereka adalah orang yang sama
  "we are brother and sister." itu jlebnya ngalahin friendzone. hahaha
ini pas Umi menyatakan perasaannya. ia menambahkan kalau perasaannya tak akan pernah berubah walaupun mereka kakak dan adik


[update, 25 Agustus 2014] Howl's Moving Castle
another awesome Ghibli's anime. aku benar-benar suka yang satu ini! kyaaaa, dibuat jatuh cinta sama ketampanan tokoh utama. hihiw
film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Sophie yang terkena kutukan dari Witch of Wasted. kutukan itu membuat Sophie berubah jadi nenek tua. Sophie berusaha mengejar penyihir itu ke tempat tinggalnya. di tengah perjalanan ia bertemu dengan Scarecrow yang, dia beri nama panggilan "Turnip-head" karena kepalanya terbuat dari Turnip. 
singkat cerita, karena bantuan Turnip-head ini akhirnya ia bisa tinggal di Istana Berpindah milik Howl, yang seorang penyihir juga. sebelumnya Sophie pernah ditolong oleh Howl, sebelum ia terkena kutukan.
sejak saat itu, Sophie tinggal di Istana Berpindah itu dengan Markl, seorang anak kecil yang juga membantu Howl di istana dan Calcifer, firedemon. sebenarnya Calcifer menjaga Istana Berpindah itu agar tetap aman dan ia juga menjaga 'hati' milik Howl.
tak lama berselang, terjadi perang antar wilayah di negara tersebut. Howl diminta membantu karena akan banyak penyihir yang terlibat dalam peperangan tersebut.
di akhir cerita, akan terjawab siapa Turnip-head yang sebenarnya.
ah, informasi tambahan. yang menjadi pengisi suara Howl versi Bahasa Inggris adalah aktor Hollywood Christian Bale.
ini pas Sophie ditolong Howl dari tentara-tentara yang centil. hihiw
ini pas Howl mulai berubah jadi monster
ini yang namanya Calcifer. lucu yaaaa?
ini pas curse-nya Calcifer akhirnya hilang dan dia bebas. tapi, Calcifer lebih suka tetep bareng Sophie. nah, Sophie dengan rambut pendek dan abu-abu ini yang gue suka
perbandingan Howl pirang dan rambut hitam.

ini si Turnip-head. sebenarnya dia bukan tokoh antagonis tapi secara tidak langsung dia yang menyebabkan pecahnya peperangan. penasaran?


[update, 26 Agustus 2014] Kiki's Delivery Servicekarya Ghibli yang satu ini menceritakan tentang penyihir muda berumur 13 tahun yang bernama Kiki. ketika ia mencapai umur 13 tahun, ia sudah dapat terbang keluar kota untuk melakukan 'training' untuk dirinya sendiri selama 1 tahun. pada tengah malam, Kiki dan Jiji terbang mencari kota yang menurut ia layak untuk ditempati selama Kiki mendalami kemampuannya. sesampainya di suatu kota, Kiki hampir putus asa karena merasa warga kota kurang memperhatikan dirinya, hal tersebut juga menjadikan Kiki kesulitan mencari tempat tinggal sementaranya di kota tersebut. sampai akhirnya, ia bertemu dengan Osono, seorang calon ibu yang mempunyai usaha bakery dengan suaminya. bantuan Kiki pada Osono, menjadikan Osono menawarkan bisnis delivery barang. Kiki langsung antusias dan mulai menjalani bisnisnya. bisnis delivery milik Kiki tidak semulus yang dibayangkan, apalagi ternyata Kiki harus menghadapi kenyataan bahwa kemampuan sihirnya dalam mengendarai sapu terbang perlahan-lahan hilang. Kiki akhirnya memutuskan untuk menghentikan bisnisnya sejenak dan ikut pergi ke cabin milik Ursula (kayaknya sih namanya itu. hehew) di tengah hutan. selama tinggal sementara di cabin itu, Kiki mendapatkan suatu pelajaran dari Ursula bahwa kadang kita harus berhenti sejenak.sebenarnya aku engga terlalu suka endingnya, seperti berhenti di tengah cerita. setelah Kiki berhasil menolong temannya, dan closing soundtrack pun muncul, nama-nama orang-orang dibalik layar (kayaknya sih nama, pakai huruf Jepang sih jadi engga bisa baca. hihihi), nama-nama itu mulai muncul kayak berakhirnya sih. cuma sedikit digambarkan apa yang terjadi setelah itu, seperti usahanya yang semakin pesat. orang tuanya yang dikirimi surat dan Osono yang sudah memiliki anak. semua digambarkan dengan singkat. engga memuaskan endingnya. huuuuuuuh.
ini pas pertama kali Kiki ketemu Osono


[update, Sabtu 30 Agustus 2014] Only Yesterday / Omohide Poro Poro
film ini menceritakan kehidupan Taeko saat kelas 5 SD dan saat dewasa. di awal cerita film ini menceritakan Taeko yang menginginkan liburan di pedesaan tapi, dia tidak punya sanak keluarga di pedesaan sedangkan dia sendiri tinggal di Tokyo. 
alur film ini maju dan mundur karena cerita engga jauh-jauh dari cerita Taeko pas kelas 5 SD, mulai dari digebet anak cowok kelas sebelah sampai persoalan haid (anak SD kan biasanya heboh soal ini. hahaha). selain itu, menceritakan Taeko saat sudah dewasa yang begitu mencintai suasana pedesaan. 
saat itu, Taeko berlibur lagi di pedesaan untuk memetik bunga Safflower dan mengolahnya jadi pemerah pipi (blush on). di desa itu, Taeko tinggal di rumah keluarga Toshio. keluarga Toshio adalah keluarga petani, Toshio sendiri bekerja di pertanian organik. 
sebenarnya, sampai film mau selesai pun aku masih bingung maksud film ini apa karena alur yang maju dan mundur. awalnya aku kira menggambarkan kehidupan Taeko yang berusaha ingin liburan di desa. tapi, memang film ini lebih banyak menceritakan bagaimana kehidupan petani di suatu desa. dan cerita-cerita dari masa kecil Taeko yang ringan.
di akhir cerita, Taeko blak-blakan soal dirinya kepada Toshio. tetapi, sebelumnya juga ada kejadian tak terduga.

ini salah satu bagian di akhir film


[update, 3 September 2014] Princess Mononoke / Mononoke-hime
film ini menceritakan tentang perjuangan penjaga-penjaga yang ada di hutan untuk melindungi hutan mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia. disini, Eboshi adalah salah satu pemimpin wanita yang paling diincar karena desa yang dipimpinnya melakukan perusakan besar-besaran terhadap hutan yang dilindungi oleh Okkoto (boar) dan pasukannya, Moro (wolf) dan pasukannya, apes (sejenis simpanse kalau kata aku sih) dan penjaga tertinggi di hutan tersebut adalah rusa. San (Princess Mononoke) adalah bagian dari pasukan serigala, ia dianggap oleh anak dari Moro (dipanggilnya 'mother' sih). San selalu berusaha membunuh Eboshi karena penduduk desa yang dipimpin Eboshi merusak hutan. desa yang dipimpin Eboshi mempunyai pekerjaan utama membuat besi. penduduk mencari iron-sand untuk diolah dan mencari iron-sand itulah cara mereka yang membuat geram penjaga-penjaga hutan, terutama apes. apes-lah yang berusaha menanam pepohonan di hutan itu.
ketika Eboshi semakin brutal dengan mengumpulkan pasukan untuk membunuh dewa tertinggi, yaitu dewa rusa, Princess Mononoke dan pasukan-pasukan hewan berkumpul untuk memerangi Eboshi. 
bagaimana kisah selanjutnya? tonton saja~ 

The Wind Rises / Kaze Tachinu
film ini menceritakan tentang kisah hidup seorang insinyur pesawat terbang Jepang, Jiro Horikoshi. film ini dimulai dengan Jiro kecil yang mempunyai impian menciptakan pesawat terbang dan begitu mengagumi seorang insinyur Italia, Caproni. film ini terkadang diselingi fantasi-fantasi yang berasal dari mimpi Jiro. 
secara keseluruhan film ini memang seperti film animasi biografi dari Jiro, menceritakan kehidupan percintaannya dengan istrinya sampai keberhasilannya membuat pesawat yang canggih pada saat itu.
latar belakang waktu dalam film ini adalah pada saat Jepang masih berusaha maju dalam hal teknologi.
ah ya, yang menjadi pengisi suara Jiro versi Bahasa Inggris adalah aktor Hollywood-salah satu filmnya Premium Rush, Joseph Gordon-Levitt dan pengisi suara Caproni adalah aktor Hollywood-salah satu filmnya The Hunger Games, Stanley Tucci
ini pas pertama kali Jiro ketemu Nahoko, bertahun-tahun sebelum akhirnya mereka menikah
mereka bertemu lagi, beberapa tahun setelah kejadian di kereta
ini setelah akhirnya Jiro berhasil membuat pesawat, yang diberi nama 'Zero'

This entry was posted on 8/22/2014. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Terima Kasih Studio Ghibli”

please, post your comment